Home » » Penyebab Penyakit Gejala Muntah Pada Kucing

Penyebab Penyakit Gejala Muntah Pada Kucing

Pada saat kucing kita sakit muntah apa yang akan kita lakukan...? tentu saja kita akan segera memberikan pertolongan pada kucing kesayangan kita. Namun sebelum kita memberikan pertolongan maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui penyebab gejala muntah pada kucing. Ada beberapa penyebab muntah pada kucing yaitu :
  • Cacingan atau adanya parasit usus
  • Gastroenteritis
  • Menelan makanan terlalu cepat
  • Alergi terhadap makanan tertentu
  • Penyakit kelenjar adrenal
  • Dislokasi perut
  • Obstruksi di Kerongkongan
  • Gangguan metabolisme seperti penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Tumor
  • Adanya peningkatan suhu tubuh
Biasanya yang akan ditanya oleh dokter hewan adalah sejarah makan yang dimakan oleh kucing kita, kapan obat cacing terakhir diberikan, dan jenis vaksin yang telah diberikan. Kemudian dokter hewan akan memeriksa suhu tubuh, denyut nadi, laju pernafasan, melihat mukosa tubuh, dan akan mengambil sampel tinja dan muntahan. Hal itu semua untuk menentukan diagnosa yang tepat penyebab muntah pada kucing kita.

Jenis Subtansi Materi Muntah Pada Kucing
  • Jika muntah subtansinya lendir yang berlebih maka kita patut curiga adanya radang di dalam usus. 
  • Jika muntahan subtansi materinya adalah sisa makanan maka kita curiga adanya keracunan makanan atau mungkin makan yang berlebih. 
  • Jika subtansinya empedu maka kemungkinan kucing kita menderita adanya inflamasi usus atau bisa juga menderita pankreatitis.
  • Jika muntah berisi darah merah maka kemungkinan adanya ulserasi di lambung. 
  • Jika muntah berisi darah berwarna coklat maka kemungkinan terjadi masalahnya ada di usus.
  • Jika muntah di karena obstruksi di kerongkongan maka tonsil akan membengkak.
Pengobatan Muntah Pengobatan muntah pada kucing atau hewan lainya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Namun pemberian terapi empirik dengan Antibiotik dan anti emesis untuk tindakan pertolongan pertama sangat dianjurkan. Kemudian untuk pemeriksaan lebih lanjut segeralah di bawa ke dokter hewan terdekat untuk mengetahui penyebab pasti gejala muntah pada kucing kita.






20 komentar:

  1. Sy mempunyai 2kucing. Ciko si jantan dulu pernah kena crystal dan flu akut. Dan sekarang sudah sembuh setelah pemasangan ketater. Yg saya mau tanyakan, kotoran dimatanya gak pernah hilang. Pernah dikasi resep salep atopun tetes mata, apakah boleh dipakai dlm jangka waktu pjg? Krna sudah hmpir 2bulan sy brhenti memakaikan salap mata krna takut resikonya, dan selama ini sy cuma cukup mengompreskannya dg air hangat n kapas kmatanya. Bagaimana dok?
    Si betina, belty. Pagi ini sy dikejutkan 2x muntah. Bukan hairball juga bukan karna ginjal.. agak sedikit kuning kecoklatan dan tidak berlendir dan tidak berbau, tandanya tidak trlihat sedang keracunan atau sedang sakit, cuma hidungnya agak pucat. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba si Ciko uji lab dulu ya.... nanti akan ketahuan penyebab sakit matanya..., mengenai obat tetes mata yg mengandung antibiotik tidak boleh dalam waktu yg lama, bisa menimbulkan resistensi obat dan merusak mata. Jalan satu-satunya adalah uji lab dulu, setelah itu baru ditentukan jenis obatnya.
      Kemudian mengenai si Betty yang muntah coba anda perhatikan apakah dia terlalu banyak makan? kalau tidak, ada kemungkinan radang lambung atau istilah kerennya gastritis. Namun tidak menutup kemungkinan adanya infeksi saluran pencernaan terutama di usus. Berdasarkan materi muntahan kucing anda yang berwarna coklat, kemungkinan besar kucing tersebut mengalami gastritis. Untuk pengobatannya secara tradisional dan tergolong ampuh adalah mengunakan jamu temulawak.
      Jika anda memilih obat kimia maka anda harus mengunakan antibiotik jenis oksiterasikline, ampicilline yang bekerja di saluran pencernaan, disamping itu anda harus memberikan juga obat antimuntah/ antiemesis seperti Ondansetron.
      Ada pilihan lain yaitu obat renitidine untuk mengatasi muntah pada kucing. Obat ini juga sering digunakan untuk mengatasi masalah di lambung dan usus dua belas jari.
      Namun saran saya coba dahulu obat herbal temulawak untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti muntah, kembung, tukak lambung dan tukak usus pada kucing. Berikan 3 kali sehari dengan dosis 1/10 sendok makan, gunakan spuit syringe tanpa jarum untuk memasukkan kedalam mulut kucing.
      Semoga ini bermanfaat dan kucing anda segera sembuh.

      Delete
  2. Sampai hari ini, belty makannya normal dok, tdk trlalu banyak dan tdk trlalu sedikit sama seperti sebelumnya. Selama sy lihat 2hari ini, muntahnya di pagi hari setelah belty pupi dok, apakah cuma kebetulan?
    Dan untuk ciko, lupa sy tambahin kmren krna melihat si belty dlm kondisi darurat. Sy sudah pernah membaca tentang artikel feline bla bla bla, sempet jg sy konsultasi ma dokter yg sering mengurus kdua kucing sy, tp sampai skrg sy belum nemu jawaban. Selain penyakit mata, ciko suka bersin. Kadang sering, kadang juga sesekali. Yg bikin kasian, pd saat tidur posisi kepala ciko mendongak keatas dan sesekali nafasnya lewat mulut. Kl sudah trlelap biasanya ciko "mengorok". Yang bikin kaget, ketika sy sedang memperhatikan ciko mengorok biasanya mendadak mau batuk tp gak bs batuk, hampir mirip bersin tp juga bukan bersin. Sy rasa hidungnya seperti sesak gt dok..
    Nah selama ini sy menanyakan hal serupa dg dokter brsangkutan "apa yg harus sy lakukan?" Tp hanya disuruh rutin suntik vaksin antibody. Bgitu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. muntahnya beberapa saat setelah makan atau gimana? gak lah itu bukan lah kebetulan.... muntah itu merupakan gerakan refluks dari lambung untuk mengeluarkan benda atau makanan yang ditolak oleh perut..itu merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh juga... yang terpenting adalah mencari penyebab muntahnya apa, nah muntah itu kan disebabkan berbagai penyebab salah satunya yang paling sering terjadi adalah gastritis atau istilahnya radang lambung, bisa akut ataupun kronis. Maka dari itu pengobatan seperti renitine bisanya sering diaplikasikan untuk kasus seperti itu.
      Kemudian mengenai kucing jantan si ciko, berarti diagnosanya adalah cat flu yang disebabkan oleh virus, memang untuk menekan gejala tersebut adalah menaikan status immunitasnya atau kekebalannya yaitu dengan cara vaksinasi secara rutin, pemberian vitamin, dan pemberian pakan dengan kualitas dan kuantitas yang cukup.

      Delete
  3. Kucing saya betina umur 6 bulan .. Sudah seminggu ini muntah 2 kali , muntahannya lendir kuning beserta makanan yg masih utuh . Penyebabnya apa ya,soalnya sekarang agak kurusan ,kasian :(

    ReplyDelete
  4. Prmisi dok,blh gak sy konsul?
    Kucing sy muntah2 trus dr mlm,td d ksh mknan,dia smpat mkn ttpi stelah it muntah lg. Di kasih air hangat tp gk mw mnum. Ap yg hrs sy lkukan dok?mhon bantuannya,krna d wilayah sy tdk ad dokter hewan.

    ReplyDelete
  5. dok saya punya kucing betina umurnya 1 thun dia sakit muntah warna putih bening seperti air liur tapi bau sekali setelah muntah mulut dan hidungnya tiba tiba warna hitam setiap kali muntah dan sudah 4 hari dia tidak makan cuman minum itupun sedikit dan hari ke4 dia muntah warna kuning tolong dok kasih tahu obatnya dan tips agr kucing cepat sembuh dia masih mengandung anak dok tolong ya dok...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar kucing anda mengalami masalah didaerah lambung, sehingga dibutuhkan obat seperti renitidine dan obat antibiotik seperti oksitetracycline.
      Demikian semoga ini bisa membantu.

      Delete
  6. kucing aku habis kemakan racun tikus habis aku kasih air kelapa dia udah agak baikan udh bisa gerak atau berdiri tp setelah itu dia muntah dan habis muntah itu dia jadi lemes banget. gimana ya cara nanganinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus dimuntahin terus racun tikusnya..jika tidak keluar itu malah bahaya bisa menyebabkan kerusakan organ dalam. Racun tikus itu kan jenisnya bermacam-macam, jadi penangannya juga berlainan antar racun tikus yang satu dengan yang lainnya. Keracunan racun tikus pada kucing hampir sama dengan keracunan pada anjing, dan ini sudah pernah saya tulis di http://penyakitanjing.blogspot.com/2012/05/mengenal-racun-tikus-dan-cara.html
      Judul Artikelnya Mengenal Racun Tikus dan Cara Mengatasinya. Coba anda kunjungi artikel tersebut dan tentukan jenis racun tikus nya, penanganannya sama seperti di anjing hanya dosisnya yang berbeda.
      Mudah-mudahan ini dapat membantu.

      Delete
  7. Dok,kucing saya ndut tiba2 muntah kuning berbusa n ga berbau,sy coba ksh air kelapa sperti yg sy bca,tpi 3hari lewat dok, sehari setelahnya adiknya unyil mengalami gejala yg sama,sehari ini sdh 10x muntah,dan stlh muntah slalu sy cekokin air madu biar ttp terisi,petshop jauh dok,kira2 perawatan ya gmn dok ? Trimksh bnyk

    ReplyDelete
  8. Dok kucing saya pinpon dari kemarin gamau makan :( badannya lemes banget kerjaannya cuma tidur, muka pucat hidungnya juga putih pucat, dia muntah muntah terus dok udah ada 5 kali muntahnya berwarna putih bening kadang juga berwarna kuning saya takut dia keracunan dok, air liurnya juga berlebih dan kadang mulutnya menimbulkan reaksi mau muntah tapi gajadi, setiap saya kasih susu reaksinya cuma keenekan kaya mau muntah dan langsung air liurnya pada netes. Tolong dong reply segera saya takut karena dua hari sebelumnya ibunya mati karena lemas lemas pucat tak mau makan tapi ga muntah muntah dan akhirnya takbisa diri seperti kucing lumpuh dan mati :'( tolong di reply

    ReplyDelete
  9. Dok kucing saya muntah muntah, awal nya dia muntah putih benig dan aga berbusa 2x lalu dia muntah makanan lalu sejam kemudian dia muntah lagi putih bening berbusa. Dia ga mau makan saya kasih minum air putih diminum tp sedikit sekali. Dia lemas sekali hanya duduk dan berbaring. Sesekali dia mengeong agak keras (padahal dia jarang sekali mengeong) tidak lama dia muntah lagi berwarna kuning berbusa. Dok saya harus gimana? :(

    ReplyDelete
  10. Kucing aku muntah nya keluar cacing putih.. kenapa ya..?

    ReplyDelete
  11. Dok mw tnya, kucing saya chiki umur 3bulan tiba2 muntah nd mencret awalny c cuma muntah makanan nd pupnya normal. Gak lama tiba2 c chiki muntah berbusa putih nd mencret tapi mencretny cuma sx muntah berbusa putihny yg sering nd itu smw ngebuat chiki jd lemes nd nafsu makan.. Kira2 penyebabny apa ya dok nd bagaimana mengatasinya?.

    ReplyDelete
  12. dok kucing saya umur 6bulanan, laki". dia muntah-muntah lendir banyak sekali, dia tidak mau makan sudah 2hari ini, badannya lemes. apa yg harus saya lakukan dok, disini tidak ada dokter hewan. obat apa yg harus saya kasih dan seberapa banyak :( mohong bgt bantuannya dok

    ReplyDelete
  13. Siang dok,
    2malam lalu ada kucing sekitar 8bulan an kurus banget dan manja, padahal kucing sekitar nya gemuk. Karena khawatir dia kalah saingan makanan, saya bawa pulang dan beri makanan kering. Salah nya adalah saya biar kan dia makan terlalu banyak saking lahapnya. 3jam kmudian dia muntahkan semua makanan nya.. lalu sampe detik ini tidak mau makan sama sekali.. kemarin pagi sih masi mau minum sedikit. Tapi sekarang sudah ga mau minum juga.. atas saran dokter di dekat sini,kemarin saya beri antibiotik sirup dan obat pelapis lambung karena khawatir lambung nya luka akibat terlalu banyak makan dan muntah.. lalu sejak muntah pertama kali tsb, saya spuit makanan encer dan air, tapi itu pun juga di muntahkan dalam kondisi seperti tidak tercerna.. akhirnya sampe hari ini saya beri air gula , air putih dan air oralit, tapi itu pun setelah beberapa jam tetap di muntahkan. Diagnosa nya seperti apa ya dok, apakah obstruksi kerongkongan ato apa.. jika ya, penyebabnya apakah karena saya beri makan dia terlalu banyak itu..? Lalu penanganannya bagaimana, karena dokter di dekat sini tidak mau terima dg alasan mungkin virus, dan pasien serta kucing titipan sedang banyak.. mohon bantuan dok.karena kondisi skrg lemas dan dehidrasi..saya ga tega..
    Terimakasih sebelum nya
    Thana ajeng purishita.

    ReplyDelete
  14. Dok ,kucing sy muntah siang tadi,dia muntah sisa makanannya,setelah muntah dia masih aktif dan gak lama kemudian dia lemas dan tidue,cara menanganinya gi mana dok?

    ReplyDelete
  15. Dok saya mau tanya kucing saya hari ini sudah muntah dua kali, yang pertama muntah cacing dan yang kedua muntah cairan berwarna hijau dia juga tidur terus dan gamau makan . Kira kira penyakitnya apa yaa? Dan bagaimana cara penanganannya secara alamo tanpa dokter hewan . Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Dok kucing saya hari ini sudah muntah 2 kali, yg pertama muntah cacing yang kedua muntah cairan berwarna hijau . Kucing saya laki2 berumur 4bulan . Apa penyakitnya dan bagaimana cara mengatasinya secara alami tanpa dokter hewan

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger