Home » » Cara Mengobati / Membasmi Kutu Pada Kucing

Cara Mengobati / Membasmi Kutu Pada Kucing

Mengobati dan membasmi kutu pada kucing sangat penting, ini bukan hanya di tubuh kucing itu sendiri tetapi di lingkungan sekitar rumah juga kutu harus dibasmi, untuk itu harus diketahui cara mengobatinya. Kutu merupakan parasit yang berbentuk serangga kecil, hidup pada kulit hewan termasuk kucing, jika kucing kita mengalami kutuan maka kita harus tahu obat dan cara mengobati dan membasmi kutu pada kucing kita. 
Kutu hidup dari makan darah yang berasal dari kucing yang diinanginya. Selain pada kucing, kutu juga bisa hidup pada anjing, kera, manusia, musang, ayam dan yang lainnya. Kutu mampu melompat dari jarak jauh dari kucing satu ke kucing lainnya. Gejala yang sering muncul pada kucing adalah gatal-gatal yang parah dan pada kulit kucing terdapat bintik-bintik merah. Sehingga jika di biarkan terus maka kucing kita akan menderita anemia, dan yang lebih parah lagi kucing kita juga bisa terinfeksi penyakit lain akibat dari menurunnya kekebalan tubuh sebagai konsekuensi anemia.

Penyebab Kutu di Kucing

 obat kutu pada kucing
Kucing mengalami kutuan jika lingkungan sudah terkontaminasi oleh kutu, atau adanya kontak langsung antara kucing kita dengan kucing lain atau hewan lain yang kutuan, misalnya anjing, tupai, ayam atau burung. Kucing di Indonesia sangat rentan atau memiliki resiko tinggi terhadap manivestasi kutu, hal ini disebabkan oleh iklim tropis yang cocok bagi kutu untuk hidup dan berkembang. Untuk itu kita harus bisa membebaskan kucing dari kutu yang merugikan tersebut.


Mengobati Kutu Pada Kucing

Pengobatan untuk infestasi kutu pada kucing bisa digunakan pestisida topikal yang mampu membunuh kutu (seperti obat kutu frontline maupun revolution), bisa juga kita menggunakan shampoo sebagai obat yang mampu membunuh kutu, atau aplikasi lain yang membantu untuk mengurangi populasi kutu atau mengusir kutu di Lingkungan kucing, termasuk tempat tidur juga harus dibersihkan, dan disekitar perumahan kita juga harus bersih dari kutu. Ayo...kita bebaskan kucing kita dari kutu.
Berikut adalah salah satu nama obat kutu dan cara mengobati kutu pada kucing, yaitu mengunakan revolution. Revolution ini merupakan obat kutu untuk kucing yang diproduksi oleh Kalbe devisi animal health. Kandungan revolution untuk kutu kucing adalah selamectin 60 mg/l ( revolution 6 %). Revolution merupakan obat anti endoparasit dan ektoparasit yang digunakan secara topikal, dengan bentuk larutan dalam tube satu dosis. Revolution ini berguna untuk mengendalikan dan mengobati pinjal / flea, tungau / mites, kutu / lice serta mencegah infestasi cacing jantung, cacing gilig dan cacing kait.
Pengunaan revolution disarankan untuk kucing yang sudah memiliki umur minimal 8 minggu. Untuk pencegahan terhadap timbulnya kutu lagi pada kucing kita, maka aplikasi dapat digunakan satu bulan sekali.
Cara pengobatan kutu kucing dengan revolution adalah sebagai berikut :
  1. Buka tube dengan memutar cap (posisi cap ada diatas) hingga berbunyi klik.
  2. Sisihkan bulu kucing yang menutupi kulit pada bagian pangkal atas leher kucing dan teteskan larutan revolution diatas permukaan kulit kucing.
  3. Tekan tube 3-4 kali pada satu titik sampai isi tube kosong. 
Demikian obat dan cara mengobati kutu pada kucing, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger