Home » » Jenis Penyakit Saluran Pernafasan Pada Kucing

Jenis Penyakit Saluran Pernafasan Pada Kucing

Bagi anda yang mempunyai dan sedang memelihara anak kucing harus hati-hati terhadap penyakit saluran pernafasan, karena anak kucing ini sangat rentan terhadap penyakit saluran pernafasan. Penyakit saluran pernafasan pada kucing atau respiratory disease bisa disebabkan oleh virus, bakteri, fungi dan adanya alergi, namun tidak jarang pula terjadi kombinasi diantara penyebab tersebut. Gejala klinis penyakit saluran pernafasan pada kucing yang disebabkan bermacam-macam mikroorganisme adalah sama seperti hidung tersumbat, nafas tidak beratur, kesulitan bernafas, flu, bersin, keluar air mata dan kadang sesak nafas.

Jenis Penyakit Saluran Pernafasan Pada Kucing

Penyebab Virus
Penyakit saluran pernafasan pada kucing yang disebabkan oleh virus biasanya adalah feline hervesvirus (FHV) dan feline calicivirus. Walaupun kadang-kadang virus lain dapat pula menyebabkan Respiratory Disease pada kucing, baik secara primer maupun infeksi sekunder.

Penyebab Bakteri
Penyakit saluran pernafasan pada kucing yang disebabkan oleh bakteri biasanya adalah Bordetella bronchiseptica and Chlamydophila.

Penyebab Fungi
Penyakit saluran pernafasan pada kucing yang disebabkan oleh fungia atau jamur biasanya adalah Coccidiodes immitis, jamur ini masuk secara per inhasi yang ada di lingkungan tanah. Kucing yang terserang kebanyakan kucing liar sedangkan kucing peliharaan jarang terjadi.

Penyebab Alergi
Dalam beberapa kasus, alergi dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi terhadap asma dan penyakit pernapasan kucing. Kucing dapat menjadi alergi terhadap beberapa alergen lingkungan, termasuk bahan kimia, bahan dalam makanan, tanaman, serbuk sari atau beberapa hal lainnya.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa penyakit Respirasi ini biasanya berdasarkan sejarah kucing, tanda-tanda klinis, atau bisa juga mengunakan kultur jaringan untuk mengetahui penyebab spesifik penyakit tersebut. Dan untuk peneguhan diagnosa, pemeriksaan darah lengkap, serum darah, urine, test FeLV dan FIV sangat dianjurkan.

Pengobatan

Untuk mengobati infeksi saluran pernafasan tergantung dari penyebabnya. Namun secara umum kucing harus diletakan di ruang yang hangat dan tenang, pemberian antibiotik yang khusus bekerja di saluran respiratori sangat dianjurkan, suport terapi juga bisa dilakukan, untuk anjing yang dehidrasi bisa kita bantu mengunakan cairan infus via Subkutan atau via Intravena. Penggunaan obat dekongestan juga baik untuk meredakan dan memperlancar nafas.

Pencegahan
Pencegahan yang paling efektif adalah menciptakan lingkungan yang bersih dari penyebab-penyebab penyakit saluran pernafasan, vaksinasi terhadap feline hervesvirus dan feline calicivirus yang biasanya digabungkan pula dengan panleukopenia, menjaga kebersihan kandang dan peralatannya serta menjaga kwalitas pakan.  

Demikian yang dapat saya informasikan semoga bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger