Home » » Pengobatan Penyakit Cacing Mata Pada Kucing

Pengobatan Penyakit Cacing Mata Pada Kucing

Pengobatan harus segera dilakukan apabila kita melihat adanya cacing berwarna putih di mata di kucing dengan tanda-tanda keluarnya air mata yang berlebihan dan radang pada conjungtiva kucing. Selain itu kita juga perlu curiga apabila pada suatu saat kucing sering mengaruk-ngaruk mata terhadap kemungkinan adanya cacing mata pada kucing. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai cacing mata pada kucing :

Penyebab Cacingan di Mata Kucing
Penyakit ini disebabkan oleh Thelazia californiensis dan Thelazia callipaeda dapat menyerang dan menginfeksi mata kucing atau bisa juga menginfeksi manusia.  Jadi cacing ini sebenarnya bukan hanya di kucing saja tapi dapat juga menyerang manusia. Dengan demikian bisa bersifat zoonosis.

Bentuk Cacing Pada Mata Kucing
Bentuk cacing ini di mata kucing memiliki panjang 7-19 mm, berwarna putih, dan bergerak serpentin dengan gerakan yang cepat  di seluruh mata. Habitat cacing mata ini berada di kantung konjungtiva, saluran air mata, dan pada konjungtiva bawah selaput pengerjap dan kelopak mata. 

Penularan Cacing Pada Mata Kucing
Penularan cacing pada mata kucing biasanya melalui lalat Filth (Musca spp, Fannia spp) yang berfungsi sebagai host intermediate dan larva infektif deposito. 

Tanda-Tanda Klinis Cacing Mata Kucing
Tanda-tanda klinis pada mata kucing meliputi lakrimasi berlebihan, konjungtivitis, opasitas kornea dan ulserasi, dapat pula menyebabkan kebutaan pada kucing. Jika anda melihat gejala tersebut maka perlu diteliti di daerah conjungtiva mata untuk melihat ada atau tidaknya cacing mata pada kucing kita.

Pengobatan Cacing Mata Kucing
Setelah kita diagnosis bahwa mata kucing kita terinfeksi cacing Thelazia californiensis maka pengobatan yang dapat kita dilakukan adalah (pilih salah satu)
  • Membunuh parasit cacing mata tersebut dengan forsep. 
  • Kita juga bisa mengobati mengunakan dengan suntikan ivermectin di SC dari 0,2 mg / kg berat tubuh. 
  • Via Okular solusi (2% levamisol) atau salep (1% levamisol atau morantel 4%) juga dapat digunakan untuk pengobatan.
demikian semoga bermanfaat.




0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger