Home » » Penyakit Feline Calicivirus Pada Kucing

Penyakit Feline Calicivirus Pada Kucing

Penyakit Feline Calicivirus Pada Kucing merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang daerah pernafasan kucing. Gejala yang nampak pada kucing adalah pilek, mata berair, hypersalivasi (air liur berlebih), anoreksia atau tidak mau makan, radang mulut ulseratif, batuk, demam dan sulit bernafas. Calicivirus dan rhinotracheitis menyebabkan sekitar 85-90% dari seluruh penyakit pernafasan pada kucing. Masa inkubasi penyakit Feline Calicivirus Disease (FCD) kurang dari 48 jam dan bila tidak diikuti infeksi sekunder, berlangsung 5-7hari.

Penularan Calicivirus pada Kucing ini dikarenakan adanya kontak antara kucing yang sakit dengan kucing yang sehat melalui air liur, cairan yang keluar dari hidung dan mata dan kadang kadang melalui kotoran kucing yang terinfeksi. Virus ini tahan terhadap berbagai desinfektan dan dapat bertahan di luar tubuh kucing hingga 8-10 hari. Banyak kucing yang telah sembuh tetapi dapat menularkan penyakit ini meskipun tidak menunjukkan gejala sakit. Virus ini sering menyerang kucing muda (kitten), rumah/tempat dengan jumlah kucing banyak dan tempat penampungan hewan. Wabah biasanya terjadi pada kandang/populasi kucing yang padat, ventilasi kurang baik, kandang yang kurang bersih, nutrisi kurang dan suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin.
ini biasa menyerang kucing, menyebabkan gangguan pernafasan, luka sekitar bibir dan mulut seperti sariawan (ulkus oral), kadang disertai sakit persendian. Penyakit ini menyebabkan flu yang agak berat tetapi jarang menyebabkan komplikasi serius.
Calicivirus mempunyai beberapa strain, strain tertentu menyebabkan gejala yang berbeda seperti luka (ulkus) pada telapak kaki dan mulut. Sebagian besar gejala yang muncul biasanya suara menjadi serak, dan hilangnya nafsu makan.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit Feline Calicivirus Disease(FCD) hampir sama dengan FVR. Gejala anoreksia dan hipersalivasi merupakan gejala utama dari adanya radang mulut ulseratif.
Tanda-tanda kucing sakit yang umum berupa bersin (tidak sebanyak Feline Rhinotracheitis), batuk, pilek, cairan berlebih dari mata dan hidung. Luka (ulkus) seperti sariawan pada hidung, mulut, lidah atau bibir yang menyebabkan kucing tidak mau makan karena kesakitan saat mengunyah makanan. Kadang-kadang ulkus juga terjadi di sela-sela cakar. Demam tinggi, sulit bernafas akibat radang paru-paru (pneumonia.

Pengobatan Calicivirus pada Kucing
Terapi untuk mengobati Feline Calicivirus Disease pada intinya adalah menciptakan daya tahan tubuh kucing yang kuat melalui suport terapi, bisa mengunakan adenosin tri fosfat (ATP) plus multivitamin (obat yang sering digunakan adalah hematopan + biosalamin), kemudian terapi empiris untuk mengindari dan mencegah infeksi sekunder bisa mengunakan antibiotik yang khusus bekerja disaluran pernafasan contohnya gentamicin.

Pencegahan Calicivirus pada Kucing
Satu-satunya cara pencegahan adalah vaksinasi kucing secara teratur setiap tahun. Meskipun tidak 100 % melindungi kucing dari penyakit calicivirus, kucing yang sudah divaksinasi mempunyai kemungkinan sembuh yang lebih tinggi dan cepat.





24 komentar:

  1. Kucing sy umur 4 bln, sblmnya kondisi badan makin gemuk, lincah dan tdk menunjukan gejala sakit, tiba2 pd pagi hari kondisi tubuhnya menurun, muntah2, tdk ♍ªΰ mkn n bernafas dr mulut,msh ♍ªΰ bergerak walopun tdk lincah, siangnya sy bw ke drh, ktnya infeksi tenggorokan, lalu disana di suntik n diresepkan antibiotik, plng di bw ke rmh, kondisi sdh lemah, dikasih obat oral pun, keluar lg, akhirnya malam di bw ke drh lg, kondisi badan sdh lemas, hanya berbaring, sampe di rmh drh, kucingnya meninggal dgn dr hidung keluar nanah bnyk n berbau busuk, apakah kucing sy terkena virus jg? Krn wkt di rmh drh kucingnya tdk diotopsi krn ada hubungan emosional, tp skrng sy deg2an jg krn ada kucingnya yg 1 kandang dgn yg meninggal ini, sy takut kucing yg 1 kandang ini tertular, kira2 obat ato vitamin apa agar mencegah kucing yg prnh 1 kandang ini tertular penyakitnya? Trm ksh bnyk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, baru membalas pertanyaannya.... maklum sekarang lagi banyak kerjaan yg harus segera diselesaikan jd jarang buka blog, sekali lagi maaf...
      Melihat sejarah yg anda ceritakan, sepertinya perjalanan penyakit tersebut sangat cepat atau mungkin gejala awalnya tidak terlihat oleh anda.... namun dari cerita tersebut sepertinya kucing anda mengalami pneumonia, artinya jika di otopsi pada daerah paru-paru kucing tsb akan terlihat radang sampai dengan nanah.
      Banyak penyakit kucing yg bisa menyebabkan tersebut seperti TBC ataupun Feline calicivirus yg mampu menyebabkan pnemonia / radang paru. Nanah yg muncul pada kebanyakan kasus akibat adanya infeksi primer ataupun bisa juga sekunder dari bakteri yg menghasilkan nanah pada organ tubuh.
      Langkah yg harus dilakukan agar kucing yg lain tidak tertular adalah :
      1. Berilah vaksinasi lengkap pada kucing tersebut.
      2. Lakukanlah desinfeksi kandang, peralatan, tempat makan kucing, tempat minum dan lingkungan dengan mengunakan desinfektan, bisa mengunakan lysol ataupun amonium cloride atau bisa juga mencuci kandang dengan deterjen, jika anda ingin mantap lagi dalam melakukan dekontaminasi maka bisa juga dilakukan fumigasi pada kandang bekas kucing yang sakit.
      3. Saran saya untuk sementara kucing anda yg masih sehat, perlu diungsikan terlebih dahulu untuk beberapa minggu sampai proses desinfeksi selesai dan yakin bahwa virus ataupun bakteri dilingkungan tersebut telah musnah atau mati.
      4. Berilah makanan yg bergizi untuk kucing anda, agar proses pembentukan antibodi berjalan maksimal.
      Mungkin itu yg bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.... Terimakasih.

      Delete
    2. Maaf saya mau tanya . kucing sy umur 3bln sudah 3hari ini dia sering keluar lendir dimulut nya dan lumayan bau,saya tidak tau apa dia sakit sariawan atau gimana,karna makan minum dan daya tubuh dia msh seperti biasa nya normal.jadi apa yg di derita kucing sy?dan gmn cara mengobatinya. Terimakasih

      Delete
  2. Kira2 kalo dikasih vitamin, vitamin apa yg bgs yg bisa meningkatkan imunitas tubuh kucing dan menambah nafsu mkn? Trm ksh atas jwbnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk meningkatkan immunitas tubuh, kita bisa mengunakan vitamin yg mengandung ATP ( Adenosin Triposphat) seperti biosalamin. ATP ini merupakan energi murni yg langsung diserap oleh sel tubuh tanpa pengubahan lagi dalam arti siap pakai. ATP ini merupakan zat yg mendukung pembentukan antibodi disetiap mahluk hidup.
      Sedangkan untuk meningkatkan nafsu makan, kita bisa mengunakan vitamin B-Komplek. Vitamin B-komplek biasanya terdiri dari vitamin B-1, B-6 dan B-12 yg merupakan vitamin yg bertanggungjawab terhadap perbaikan sistem syaraf, nafsu makan dan penambah darah. Atau bisa juga anda mengunakan merk dagang Hematopan yg didalamnya mengandung B-6 dan B-12.
      Demikian semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

      Delete
  3. jika mata kucing kita berair dan mengeluarkan nanah, itu berarti iritasi biasa saja kan? trims sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali, mata berair hanyalah salah satu gejala klinis dan dibutuhkan gejala klinis lain untuk menentukan diagnosa feline calivirus atau penyakit lain. Namun perlu diingat bahwa jika sudah ada nanah pada mata kucing maka itu berarti sudah menandakan adanya infeksi oleh bakteri.
      Terimakasih atas kunjungannya ya... saya akan berkunjung juga ke tempat anda.

      Delete
  4. Maaf, saya mau tanya kucing sya umurnya 3bln td mau saya vaksin tp trnyta tdk bsa
    Krn dia demam dan dr nya tdk tau penyebabnya, duam mnggu lalu dia trkena coxdia tp mnurut drh sdh sembuh saat sy bwa plng sekeliling matanya mulau bngkak dan merah dan matanya agak berair, sebelah kanan perutnya trasa sperti ada benjolan kecil, tp dia msih aktif dan masih mkn bnyk knp ya kucing saya?Mhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coksidia itu mepunyai gejala yang khas yaitu diare berlendir sampai berdarah...nah, jika kucing anda sudah tidak diare lagi maka itu berarti sudah sembuh. Untuk adanya benjolan yang ada di perut kucing sebelah kanan, coba tanyakan kepada dokter hewan anda apakah itu limphoglandula atau bukan? jika itu limphoglandula berarti ada infeksi di daerah tersebut. Bisa saja mata kucing anda terpengaruh dari infeksi tersebut atau bisa juga karena kucing anda benar-benar terkena penyakit mata. Ada beberapa penyakit pada kucing yang mempengaruhi mata, seperti hervesvirus, calicivirus, bordetella dsb. Untuk mengetahuinya silahkan uji lab dan minta pada dokter hewan anda. Jika leukositnya tinggi berarti ada infeksi bakteri, namun jika leukositnya turun maka kemungkinan besar terinfeksi virus ( walaupun tidak semua seperti itu) tergantung jenis virusnya, namun rata2 infeksi virus menyebabkan penurunan leukosit.

      Delete
  5. untuk dosis pemberian hematopan dan biosalamine berapa mili ya untuk kucing dewasa berat 4-5 kg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dosis Hematopan untuk kucing dengan berat 5 kg adalah 1 ml, kemudian untuk biosalamin adalah 1 ml juga.

      Delete
  6. Saya mau bertanya, kucing saya berumur 1 tahun kurang, penyakit yang dimiliki kucing saya yaitu mulutnya bau dan ada air liur dimulutnya. kira-kira kenapa bisa terjadi apa penyebabnya dan apa solusinya?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda periksa di daerah gusi atau giginya, ada pembengkakan atau tidak, jika tidak kemungkinan ada masalah lain di daerah mulut kucing anda.
      Untuk pengobatannya, berilah obat antiradang seperti dexametason, dan pemberian antibiotik via injeksi.
      Mudah2an ini bisa membantu, trims.

      Delete
  7. apakah penyakit kucing yang keluar nanah dan darah dari hidung berbahaya,bisa menular manusia?trim ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis penyakitnya, ada yg menular ada yang tidak. Ada beberapa jenis penyakit pada kucing yang bisa menular ke manusia contohnya rabies, toxoplasmosis, tuberculosis dll.

      Namun ada juga penyakit kucing yang tidak menular pada manusia, contohnya feline calicivirus yang sedang kita bahas ini dan beberapa jenis penyakit kucing lainnya.

      Delete
  8. Saya mau tanya, saya punya kucing persia himalaya, baru beli dari kawan om saya sekitar dua mgguan yg lalu.. awal saya bawa kerumah poopnya bercacing, dan dia bersin2.. skitar 3hari kmudian saya bawa ke pet shop utk dimandikan, abis dimandikan dikasih obat cacing.. dari petshop saya lgsung bawa ke rsh, utk keluhan soal bersin2.. kucing saya di injeksi vitamin dan antibiotik, dan saya dapat obat amoxicillin dan vitamin B complex, dgn teratur saya minumin dia 2 itu 2 kali sehari.. dan dlm jangka wktu seminggu dia sehat, dan lincah dan wktu sorenya saya liat telinganya berair, cuma saya kira itu bekas saya pgang karna trakhir pegang tangan saya basah.. saya bawa ke pet shop lg utk dimandikan lg.. pulang dari petshop saya bawa ke rsh lg karna mau vaksinasi lengkap dan surat keterangan sehat(2 hari yg lalu), setelah di vaksinasi di perjalanan plg saya prhatiin telinganya kok bulunya basah.. padahal abis mndi sblm vaksinasi, saya balik lagi ke rsh konsultasi soal telinganya, saya dikasih obat tetes telinga dan imboost, dan skrg(2 hari setelah kejadian tadi) badannya lemah, jalan jg payah bgt, makan bahkan minum jg ga mau sama skali.. tidur terus.. lemah sekali.. mulut berlendir.. dan jarang sekali berdiri.. tolong info nya.. dan tips apa yg saya hatus lakukan.. saya udah beli dan oral makanan recovery..

    ReplyDelete
  9. Saya mau tanya, saya punya kucing persia himalaya, baru beli dari kawan om saya sekitar dua mgguan yg lalu.. awal saya bawa kerumah poopnya bercacing, dan dia bersin2.. skitar 3hari kmudian saya bawa ke pet shop utk dimandikan, abis dimandikan dikasih obat cacing.. dari petshop saya lgsung bawa ke rsh, utk keluhan soal bersin2.. kucing saya di injeksi vitamin dan antibiotik, dan saya dapat obat amoxicillin dan vitamin B complex, dgn teratur saya minumin dia 2 itu 2 kali sehari.. dan dlm jangka wktu seminggu dia sehat, dan lincah dan wktu sorenya saya liat telinganya berair, cuma saya kira itu bekas saya pgang karna trakhir pegang tangan saya basah.. saya bawa ke pet shop lg utk dimandikan lg.. pulang dari petshop saya bawa ke rsh lg karna mau vaksinasi lengkap dan surat keterangan sehat(2 hari yg lalu), setelah di vaksinasi di perjalanan plg saya prhatiin telinganya kok bulunya basah.. padahal abis mndi sblm vaksinasi, saya balik lagi ke rsh konsultasi soal telinganya, saya dikasih obat tetes telinga dan imboost, dan skrg(2 hari setelah kejadian tadi) badannya lemah, jalan jg payah bgt, makan bahkan minum jg ga mau sama skali.. tidur terus.. lemah sekali.. mulut berlendir.. dan jarang sekali berdiri.. tolong info nya.. dan tips apa yg saya hatus lakukan.. saya udah beli dan oral makanan recovery..

    ReplyDelete
  10. Saya mau tanya, saya punya kucing persia himalaya, baru beli dari kawan om saya sekitar dua mgguan yg lalu.. awal saya bawa kerumah poopnya bercacing, dan dia bersin2.. skitar 3hari kmudian saya bawa ke pet shop utk dimandikan, abis dimandikan dikasih obat cacing.. dari petshop saya lgsung bawa ke rsh, utk keluhan soal bersin2.. kucing saya di injeksi vitamin dan antibiotik, dan saya dapat obat amoxicillin dan vitamin B complex, dgn teratur saya minumin dia 2 itu 2 kali sehari.. dan dlm jangka wktu seminggu dia sehat, dan lincah dan wktu sorenya saya liat telinganya berair, cuma saya kira itu bekas saya pgang karna trakhir pegang tangan saya basah.. saya bawa ke pet shop lg utk dimandikan lg.. pulang dari petshop saya bawa ke rsh lg karna mau vaksinasi lengkap dan surat keterangan sehat(2 hari yg lalu), setelah di vaksinasi di perjalanan plg saya prhatiin telinganya kok bulunya basah.. padahal abis mndi sblm vaksinasi, saya balik lagi ke rsh konsultasi soal telinganya, saya dikasih obat tetes telinga dan imboost, dan skrg(2 hari setelah kejadian tadi) badannya lemah, jalan jg payah bgt, makan bahkan minum jg ga mau sama skali.. tidur terus.. lemah sekali.. mulut berlendir.. dan jarang sekali berdiri.. tolong info nya.. dan tips apa yg saya harus lakukan.. saya oral makanan recovery.. bilang drhewan biasanya bgini kucingnya bisa meninggal antara 2 smpe 3 hari.. wahh makinan panik..

    ReplyDelete
  11. Selamat pagi dok,
    Semalam kucing kesayangan sy usia 4bln mati. :'(
    Yang mau sy tanyakan kira2 kenapa yah apabila dengan keterangan berikut:
    -kucing sy bersin2, yg sebelumnya tdk pernah sy lihat bersin dr mulai sy adopsi.
    -hidung terlihat kering
    -mulut hidung terasa panas saat sy cek krn melihat pola makannya menurun.
    Dengan kejadian tsb sy bawa ke Drh, yg katanya kucing sy pilek. Lalu Drh memberikan 3jenis obat yg sy tdk tau itu apa krn ada didlm kapsul dan 1 diantaranya obat tetes imunitas.

    Keesokan harinya setelah semalam diberi obat tsb, si kucing tdk panas lagi mulutnya, namun sayangnya..setelah diberi obat tsb, nafsu makan kucing lebih parah dr sebelumnya. Sy cek tempat makan&minumnya hanya berkurang sedikit sekali. Tetapi si kucing kemarin pagi sebelum semalam mati, dy msh sempat ngeong2 ketika sy tinggal keluar kamar (biasanya tdk pernah ngeong2 ditinggal dikamar).
    Singkat cerita, sore menjelang malama ketika sy pulang kerja, sy mendapatkan kucing sy dengan posisi lemas selonjoran tangan&kakinya disertai dengan pipis ditempat sehingga badan bawah kucing basah. Ketika sy angkat dy tampak lemas sekali :( sy cek makan&minumnya tdk berkurang dr porsi yg sdh sy siapkan. Dgn melihat hal tsb, bergegaslah sy balik ke Drh lagi. Sampai sana awalnya Drh menyarankan utk di opname. Tapi malang, ketika si Drh mencoba utk memberikan virbac nutrision gel, vitamin tsb tdk direspon oleh si kucing (pdhl biasanya dy sangat suka dgn vitamin tsb). Tdk lama si kucing terlihat kejang2 yg awalnya sy kira dy keselek atau apalah. Drh bilang kucingnya sdh kritis dan ternyata itu adalah moment terakhir sy melihat dy bersuara :'(
    Selepas dr Drh, sy be kucing tsb pulang utk sy mandikan terlebih dahulu, agar bersih sebelum dikubur (krn bau pipis dibadannya). Tapi betapa kagetnya sy, ketika hendak mengeringkannya..hofung kucing sy keluar darah&cairan dr hidung (hanya dr hidung).
    Dengan keterangan tsb, sebenernya kucing sy kenapa yah dok, pdhl sy adopsi dy baru 1.5bln dan tdk pernah aneh2 malah sy terlalu sayang sampai2 semua sy belikan utk kebaikan si kucing.
    Tp 1 catatan sy ketika membeli kucing tsb, kucing mengeluarkan suara diluar normal saat bernafas. Kata Drh waktu cek gpp, cukup dijemur aja.
    Mohon bantu penjelasannya yah dok, krn terlalu sedih semalam sy terburu2 meninggalkan Drh nya soalnya.
    Thanks

    ReplyDelete
  12. Maaf saya mau tanya. saya punya kucing umur 3bln ,sudah 3hari mulurnya berlendir dan lumayan bau,saya tidak tau apa dia sakit sariawan atau gimana karna nafsu makan minum dan daya tubuhnya msh normal. Itu kenapa ya dia kena penyakit apa dan gimana cara mengobatinya.terimakasih

    ReplyDelete
  13. Malam...
    Kucing sy masih 3bln...
    Badannya sehat tp knp tiba2 muntah dan gk nafsu makan udh 4 hari.. udh cek kedokter udh disuntik vitamin.. udh dikasih segala obat kemuadian nampak hidungnya berdarah makan pun masih gk nafsu?
    Kira2 penyakit apa yah?
    Mksh...

    ReplyDelete
  14. Mlm...
    Kucing sy sehat tp knp tiba2 gk nafsu makan dan smpai muntah?
    Udh disuntik vitamin oleh dokter malah skrg kliar darah dari hidung itu knp yah?

    ReplyDelete
  15. MLM
    Kucing sy badannya sehat ...
    Lalutiba2 gak nafsu makan dan muntah2 klo setelah makan... sudah periksa dan disuntik vitamin dan dikasih sgala macam obat tp knp skrg malah ngeluarin darah dari hidung dan nafsu makannya pun makin berkurang?
    Saya sedih jadinyaaa...

    ReplyDelete
  16. MLM
    Kucing sy badannya sehat ...
    Lalutiba2 gak nafsu makan dan muntah2 klo setelah makan... sudah periksa dan disuntik vitamin dan dikasih sgala macam obat tp knp skrg malah ngeluarin darah dari hidung dan nafsu makannya pun makin berkurang?
    Saya sedih jadinyaaa...

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger