Home » » Penyakit FeLV & FIV Pada Kucing

Penyakit FeLV & FIV Pada Kucing

Penyakit FeLV dan FIV pada kucing merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan sangat berdampak buruk pada kucing. Kedua virus tersebut menyerang sistem kekebalan tubuh kucing, sehingga mudah terserang penyakit lain, keadaan ini mirip dengan HIV pada manusia. 
penyakit pada kucing
Penyakit Pada Kucing

PENYAKIT FeVL PADA KUCING
Penyakit FeLV (Feline Leukemia Virus) merupakan penyakit pada kucing yang disebabkan oleh virus dan virus ini dapat menyebar dan menular melalui air liur dari kucing yang terinfeksi ke kucing yang lain. Penularan ini biasanya terjadi ketika kucing saling menjilati antara satu dengan yang lain, induk kucing yang sering menjilati anaknya, termasuk juga menjilati pada mangkuk makanan dan minuman. Virus ini juga dapat menyebar melalui urine dan feses pada saat kucing membuang air kecil atau besar pada tempat yang sama. Sekitar 30% dari kucing yang terinfeksi dapat sembuh sepenuhnya dan tidak lagi membawa virus. Sekitar 30% dari kucing yang terinfeksi menjadi pembawa virus. 30% sisanya dari kucing mati akibat penyakit FeVL.
Virus FeLV menyebabkan beberapa kondisi yang terjadi pada kucing. Ini termasuk limfoma, anemia, defisiensi imun dan menurunnya kekebalan tubuh kucing. Penyakit FeLV dapat didiagnosis dengan menggunakan tes darah secara sederhana, yang berguna untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya FeLV-antigen.
Tidak ada pengobatan efektif yang terbukti ampuh untuk mengobati penyakit FeLV pada kucing ini, dan saat ini para peneliti masih berusaha untuk menemukan obat atau cara mengobati penyakit ini. Hal ini terpenting yang harus dilakukan untuk menangani penyakit FeLV adalah hanya mengobati infeksi sekundernya saja seperti infeksi bakteri dan jamur serta memberikan terapi suportif bila itu diperlukan.
Pencegahan penyakit FeLV dapat dilakukan dengan cara meminimalkan kontak dengan kucing yang terinfeksi FeLV dan dengan vaksinasi FeLV.
Sebelum vaksinasi FeVL, disarankan untuk menguji apakah ada atau tidak kucing yang akan divaksin mengidap penyakit FeLV. Ini dilakukan untuk menghindari kegagalan vaksinasi FeVL dan agar tidak memperburuk kondisi kucing yang bersangkutan.

PENYAKIT FIV PADA KUCING
Kemudian penyakit FIV (Feline Immunodeficiency Virus) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga dapat menyebar dan menular ke kucing lain yang sehat melalui air liur kucing yang terinfeksi, virus ini juga bisa menular melalui luka gigitan ketika terjadi perkelahian antar kucing sehat dengan kucing yang terifeksi FIV.
FIV Infeksi menyebabkan kerusakan sel limfosit T (sel darah putih yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh). Hal ini menyebabkan infeksi bersifat kronis dan dapat berulang-ulang. Infeksi FIV ini dapat bersifat seumur hidup dan akhirnya berakibat fatal pada kucing. FIV infeksi juga dapat didiagnosis dengan menggunakan tes darah secara sederhana, yang mendeteksi antibodi terhadap virus FIV.
Infeksi Penyakit FIV dapat disembuhkan, tetapi kucing asimtomatik dapat hidup selama bertahun-tahun sebelum kucing tersebut menunjukan gejala atau tanda-tanda klinis. Gejala yang muncul, Kucing sering sakit-sakitan seumur hidupnya selama berbulan-bulan sehingga membutuhkan antibiotik dan perawatan suportif untuk mempertahankan hidup kucing tersebut.
Yang menjadi masalah adalah bahwa penyakit FIV ini belum ada vaksinnya. Satu-satunya cara untuk mencegah infeksi penyakit FIV adalah menghindari kucing kontak dengan kucing liar atau bisa juga dengan cara mengebiri kucing jantan sehingga kucing tersebut menjadi lebih tenang dan tidak berkelahi/bertarung dengan kucing liar.
Jika kucing kita terinfeksi, baik itu oleh FeLV atau FIV maka kita harus mencegah agar dan menghindari kontak langsung antara kucing yang sehat dengan kucing yang terinfeksi.





0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger