Home » » Cara Merawat Kesehatan Kucing Peliharaan

Cara Merawat Kesehatan Kucing Peliharaan

Cara Merawat Kesehatan Kucing

cara merawat kucing
Cara Merawat Kesehatan Kucing
Bagi teman-teman yang ingin mengetahui cara merawat kesehatan kucing peliharaan dengan baik sebenarnya sangat mudah. Kucing peliharaan yang dimaksud disini bukan hanya kucing jenis anggora ataupun kucing persia, namun kucing lokal atau kampungpun layak mendapatkan perlakuan yang baik dalam rangka menjaga kesehatannya.
Penyakit pada kucing (persia, anggora, kampung) atau hewan lainnya dapat muncul karena adanya faktor-faktor yang mendukungnya. Faktor tersebut adalah lingkungan dan kondisi kucing itu sendiri.

Faktor Lingkungan Yang Memicu Penyakit Pada Kucing


Lingkungan yang penuh dengan cemaran mikroba dan parasit akan membahayakan bagi kesehatan kucing apalagi jika kondisi kekebalan tubuh kucing melemah. Maka infeksi penyakit pada kucing kita akan semakin besar.
Faktor lingkungan meliputi kebersihan kandang, cara memberikan makanan, kebersihan kucing, ada tidaknya zat yang menimbulkan alergi, dan interaksi dengan kucing lain. Jika lingkungan dapat dikendalikan dari cemaran bibit penyakit seperti bakteri, virus, parasit dan jamur, maka kemungkinan kucing kita terserang penyakit akan menjadi kecil.

Kondisi Tubuh Kucing Terhadap Penyakit

Kemudian untuk faktor kondisi kucing itu sendiri sebenarnya adalah tingkat ketahanan tubuh atau yang sering disebut dengan tingkat kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh setiap kucing berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh asupan gizi, genitas, umur, vaksinasi serta ada tidaknya faktor immunosupresif pada kucing tersebut. 
Asupan gizi terutama protein dan asam amino sangat berguna sebagai bahan untuk membentuk antibodi, dengan demikian kucing yang kekurangan protein akan menyebabkan sistem kekebalannya menurun.
Ada beberapa kucing yang secara genitas tidak dapat menimbulkan kekebalan tubuh, mungkin karena adanya abnormalitas organ hati atau sumsum tulang.
Pada umur muda dan umur tua, kucing sangat rentan terhadap penyakit hal ini dikarenakan fungsi organ belum tumbuh secara sempurna pada umur muda dan tidak optimalnya maternal antibodi dari induk kucing, sedangkan pada umur tua fungsi organ sudah melemah dan menurun karena faktor degenerasi sel-sel organ.
Vaksinasi pada kucing terhadap penyakit tertentu juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti kita ketahui bahwa vaksin adalah bibit penyakit yang dilemahkan dengan cara tertentu yang kemudian dimasukkan kedalam tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap jenis penyakit yang sesuai dengan jenis vaksin itu. Seperti kita ketahui bahwa penyakit kucing yang perlu mendapat perhatian agar dilakukan vaksinasi adalah panleukemia kucing, calicivirus, rabies, rhinotracheitis, dan herves virus pada kucing. Penyakit-penyakit pada kucing tersebut merupakan penyakit yang susah untuk di obati, sehingga dengan berprinsip mencegah lebih baik daripada mengobati adalah kata-kata yang bijak untuk dilaksanakan.
Faktor immunosupresif adalah merupakan penyakit yang mampu menekan kekebalan tubuh seperti parasit dan panleukopenia, sehingga penyakit lain dapat masuk dengan mudah kedalam tubuh. Contoh kasus pada kejadian cacingan pada kucing, adanya penyerapan nutrisi makanan yang kurang oleh tubuh kucing menyebabkan kebutuhan pokok hidup kucing menjadi terganggu sehingga dampak yang nyata adalah terjadinya kekurusan pada kucing, anemia, bulu rontok dan sebagainya. Dengan kondisi demikian memungkinkan sekali terjadinya infeksi penyakit ikutan pada kucing penderita cacingan tersebut.


Inti dari tulisan yang ingin disampaikan adalah bagaimana menyeimbangkan antara faktor lingkungan dengan kondisi kucing itu sendiri. Selama kekebalan tubuh kucing bagus dan titer antibodi tinggi serta didukung faktor lingkungan yang baik maka insyaallah kucing kita akan sehat-sehat saja. Untuk itu yang harus kita lakukan untuk merawat kesehatan kucing peliharaan adalah dengan cara memberikan vaksinasi lengkap pada kucing, pengobatan atau pemberian obat cacing secara rutin minimal 2 bulan sekali, memberikan makan yang cukup dalam kualitas maupun kwantitasnya termasuk bebas alergen dan racun, melakukan dekontaminasi lingkungan terhadap kutu dan tungau serta menjaga dan merawat kebersihan kucing termasuk bulu, telinga dan mata kucing.

Demikian  cara merawat kesehatan kucing peliharaan baik itu kucing anggora, persia maupun kucing kampung, Terimakasih...semoga bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger