Home » » Cacing Pita Pada Kucing

Cacing Pita Pada Kucing

Cacing pita bisa juga terjadi pada kucing kita. Cacing pita ini merupakan parasit, yang juga dikenal sebagai cestode, cacing ini hidup di usus mamalia yang terinfeksi. Kucing dan anjing dapat terinfeksi dengan cacing pita jika mereka makan daging hewan yang terkontaminasi dengan cacing, tetapi dalam banyak kasus kucing atau anjing tersebut terinfeksi cacing pita dengan menelan kutu yang membawa telur cacing pita. Cacing pita diberi nama demikian karena bentuknya yang panjang, pipih, yang terlihat mirip dengan sepotong pita.

Gejala Infeksi cacing pita di Kucing

Kucing dan anjing dapat terinfeksi cacing pita tanpa menunjukkan gejala apapun. Namun pada kasus infeksi cacing pita ada juga yang menunjukan gejala seperti penurunan berat badan, bulu kusam, nafsu makan meningkat dengan kenaikan berat badan sedikit, sakit perut, diare berkala, lesu, dan mudah tersinggung. Dalam kasus yang jarang, atau kasus yang sangat parah, cacing pita dapat menyebabkan gejala yang meliputi kejang dan penurunan berat badan yang parah.

Mendiagnosis cacing pita di Kucing

Cacing pita didiagnosis melalui tes tinja untuk mencari bukti mikroskopis telur cacing pita dalam tinja. Cacing pita juga dapat didiagnosis jika telur terlihat di sekitar anus selama pemeriksaan, atau jika pemilik hewan peliharaan melihat telur (yang terlihat seperti butiran kecil beras) pada daerah anus hewan peliharaan atau tempat tidur.

Mengobati Infeksi cacing pita

Pengobatan infeksi cacing pita termasuk menggunakan jenis obat cacingan dikenal sebagai praziquantel. Obat ini biasanya dalam bentuk tablet oral dan sebaiknya diberikan sekali sehari selama dua hari berturut-turut. Obat kutu juga merupakan bagian penting dari sepenuhnya menghilangkan cacing pita dan mencegah infeksi lain.
Obat lain yang terkenal ampuh adalah obat cacing golongan albendazole dengan merk dagang pyronil. Obat ini mampu membunuh cacing pita dengan pengobatan secara rutin dan berkala 2 bulan sekali.

Demikian semoga bermanfaat.





0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger