Home » , » Penyakit Pada Kucing Yang Gemuk

Penyakit Pada Kucing Yang Gemuk

 jenis penyakit pada kucing yang gemukAda beberapa jenis penyakit pada kucing yang mengalami kegemukan dan ini terkadang tidak disadari oleh pemilik kucing. Memang kucing yang gemuk akan membuat kita senang karena penampilannya yang lucu dan menarik, namun dibalik itu bahwa kucing yang gemuk memiliki resiko penyakit yang lebih besar dibanding dengan kucing yang memiliki berat badan sedang atau normal.
Kegemukan atau obesitas pada kucing berhubungan dengan adanya penimbunan lemak dalam tubuh kucing sebgai akibat dari makan yang terlalu berlebih. Ini akan mempengaruhi organ-organ tubuh yang lain termasuk hati, jantung, sendi dan kulit kucing.Organ-organ akan terpangaruh dari fungsi kerja, sehingga bisa menimbulkan masalah dikemudian hari.
Berikut adalah jenis penyakit pada kucing akibat kegemukan atau obesitas :

  1. Penyakit Kulit
  2. Pada kucing yang gemuk memiliki resiko penyakit kulit yang lebih besar dari kucing yang normal, penyakit kulit yang dimaksud adalah kulit kering bersisik dan masalah adanya acne atau semacam jerawat pada kulit.Hal ini merupakan pengaruh dari lemak yang berlebih yang berada dibawah kulit kucing yang gemuk tersebut, sehingga menyebabkan minyak lemak bisa muncul berupa jerawat.
  3. Penyakit Jantung
  4. Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh, jika banyaknya lemak di sekitar jantung tentu akan mengganggu kerja jantung, ditambah banyaknya lemak yang ada disekitar pembuluh darah sehingga elastisitas pembuluh menjadi terganggu. Akibatnya jantung akan bekerja keras secara terus menerus, pada akhirnya jantung akan mengalami dilatasi pada ventrikelnya. Lama-kelamaan jantung akan mengalami kelemahan.
  5. Penyakit Diabetes Melitus
  6. Kucing yang gemuk memiliki resiko 2-4 kali lebih banyak terserang diabetes melitus, ini bisa dipahami sebagai berikut ; Obesitas atau kelebihan berat badan / kegemukan pada kucing menyebabkan peningkatan sekresi insulin dalam menanggapi peningkatan glukosa darah di tubuh kucing itu. Pemacuan pengeluaran Insulin oleh pankreas yang melebihi ambang batas normal dan kemampuan dalam jangka waktu yang lama, maka akan menjadi pemicu terjadinya diabetes melitus pada kucing.
  7. Penyakit Arthritis
  8. Pada kucing yang gemuk, kejadian arthritis juga lebih besar dari pada kucing yang normal. Dengan berat badan yang berat keadaan sendi pada kaki kucing juga akan bekerja berlebih, terutama saat melompat dan berjalan. Hal ini bisa meningkatkan resiko terjadinya arthritis pada kucing.

Disamping penyakit tersebut diatas, kucing yang genuk juga akan memerlukan dosis anastesi atau obat bius yang lebih banyak dibanding dengan kucing yang kurus ataupun kucing yang normal. Ini disebabkan karena obat bius tersebut akan terserap pada lemak dan biasanya kucing yang gemuk lebih tahanlama tidak pingsan dibanding kucing yang memiliki berat badan normal.
Demikian jenis penyakit pada kucing akibat kegemukan dan resiko jika kucing yang obesitas. Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger