Home » , , , » Jenis Penyakit Telinga Pada Hewan Ternak

Jenis Penyakit Telinga Pada Hewan Ternak

Penyakit telinga pada hewan ternak sering kurang mendapat perhatian terutama pada anjing, kucing, domba, kambing, sapi atau monyet. Yang termasuk sering adalah adanya gangguan pendengaran, otitis ekterna, dan otitis media.
gambar penyakit tumor telinga anjing

Berikut ini adalah macam-macam jenis Penyakit Telinga pada hewan :
  1. Nekrosis Ujung Telinga
  2. Terjadinya nekrosis ujung telinga bisa disebabkan oleh suhu yang dingin, keracunan makanan ergot, thrombosis, trauma atau kanibalisme.
  3. Hematoma Aurikuler
  4. Hematoma aurikuler disebabkan oleh trauma, terutama terjadi pada anjing yang menggoyang-goyangkan telinganya yang mengalami otitis ekterna. Anjing dengan telinga yang menggantung lebih peka terhadap kelainan ini. Kelainan patologis ini terjadi pada sisi cekung telinga luar, mula-mula lembek kemudian mengeras akibat terjadinya penggumpalan darah. Lama-lama terjadi jaringan granulasi sehingga hematoma menjadi keras dan terjadi kontraksi yang mengakibatkan perubahan bentuk telinga luar.
  5. Otitis Eksterna
  6. Otitis Eksterna adalah peradangan telinga luar yang sering ditemukan pada anjing, kucing dan kambing. Kelainan ini sering terjadi pada anjing yang telinganya mengantung atau anjing yang memiliki bulu banyak dalam saluran telinganya. Pada kucing dan kambing radang ini diawali oleh infeksi tungau ( otodectes, Psoroptes)
  7. Otitis Media
  8. Otitis Media adalah peradangan yang terjadi pada telinga tengah atau rongga timpani, biasanya disebabkan oleh bakteri yang mencapai lokasi ini lewat corong Eustachius atau mengikuti perforasi timpanum. Pada babi dan domba, infeksi terjadi secara ascenden dari faring melalui corong Eustachius. Pada anjing dan kucing , otitis eksterna kronik dapat menjadi faktor predisposisi. Secara klinis hewan nampak memiringkan kepalanya, berputar-putar dan keseimbangannya terganggu.
  9. Otitis Interna
  10. Otitis intena adalah peradangan telinga bagian dalam. Kelainan in i biasanya merupakan perluasan dari radang telinga tengah dan selalu melibatkan bakteri sehingga dengan demikian biasanya mengeluarkan cairan/kotoran/eksudat kuning bernanah.
  11. Tumor
  12. Ada beberapa jenis tumor yang dapat menyerang kulit daun telinga dan kelenjar serumen.
    • Karsinoma Sel Skuamus
    • Tumor ini sering muncul pada kucing didahului stadium prekanker berupa eritema dan dermatitis ulserativa.
    • Tumor Kelenjar Serumen
    • Kelainan ini sering terjadi pada anjing dan kucing tua. Pada anjing biasanya bersifat jinak (adenoma), sedangkan pada kucing bersifat ganas (karsinoma). Adenoma tampak seperti benjolan dengan permukaan licin, bertangkai dengan diameter jarang melebihi 1 cm.
Demikian artikel macam jenis penyakit telinga pada hewan ternak, semoga bermanfaat.




0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger