Home » » Sekilas Tentang Kucing Myanmar

Sekilas Tentang Kucing Myanmar

Sejarah dan asal Kucing Myanmar atau sering juga disebut kucing Burma merupakan kucing yang berasal dari negara Myanmar. Dahulu kala kucing ini bisa menyebar ke Amerika tidak lepas dari apa yang dilakukan oleh Dr Joseph Thompson pada tahun 1930 dengan mengimpor kucing betina berwarna cokelat kecil dengan nama Wong Mau ke San Francisco. Dari San Francisco ini lah awal mula penangkaran dan penyebarannya, serta kucing betina yang bernama Wong Mau dianggap sebagai pendiri penyebaran kucing burma.
Pada saat itu Dr Thompson mengembangkan dan mendirikan sebuah program penangkaran kucing burma untuk menghasilkan keturunan yang murni dan besar. Dr Thompson dibantu oleh Virginia Cobb (Newton cattery), Billie Gerst (Gerstdale cattery), dan Dr Clyde E. Keeler dalam proyek pemurnian kucing burma tersebut.
Kucing Burma yang bernama Wong Mau tersebut, dibesarkan di Seal dan merupakan cikal bakal kucing siam yang disebut Tai Mau pada tahun 1932. Dan Pada saat itu pula kucing yang dihasilkan dari hasil penangkaran tersebut menghasilkan dua warna, yaitu satu mirip/seperti anak kucing Siam dan yang satu lagi adalah anak kucing coklat dengan poin gelap (seperti Wong Mau). Kucing Wong Mau dikawinkan lagi dengan keturunannya yang bernama kucing Yen Yen Mau. Dan hasilnya melahirkan kucing dengan tiga warna yaitu, beberapa seperti anak kucing siam, anak kucing berwarna coklat (lagi seperti Wong Mau), dan anak kucing coklat gelap. Nah keturunan coklat gelap ini yang mampu berkembang biak sesuai dengan harapan dan menjadi kucing dasar dari jenis Burma. Sedangkan pada saat itu pula Kucing Wong Mau terus menghasilkan anak kucing dengan tiga variasi warna tersebut. Sampai saat ini disimpulkan bahwa kucing yang bernama Wong Mau ternyata adalah seekor kucing siam x Burma hybrid.

Ciri-Ciri Kucing Burma adalah :

Kucing Burma adalah kucing berukuran sedang, dengan tubuh berotot, dan atletis. Kucing tersebut memiliki lapisan kulit dan bulu yang sangat halus, pendek dan berwarna kuning keemasan mata. Pada umumnya Kucing Betina lebih kecil daripada kucing jantan/laki-laki.

Sifat dan Temperamen Kucing Burmese/Burma :

Kucing Burma terkenal mempunyai sifat yang santai, kucing yg berhati sosial, cerdas dan sangat manis. Mereka cenderung kurang vokal atau cerewet dibandingkan kucing Siam. Kucing tersebut sangat menikmati suasana sekelilingnya dan tidak mau sendirian untuk waktu yang lama. Kucing Burma juga adalah kucing yang lucu, terutama ketika kucing tersebut masih berusia muda, karena kucing tsb senang sekali tidur di pangkuan pemiliknya mereka.

Berikut adalah Gambar Kucing Burma/Burmese/Myanmar 


gambar kucing burma

gambar kucing myanmar

Aneka gambar kucing burma

gambar ciri-ciri kucing burma/myanmar
Demikian semoga berkenan dan bermanfaat...





1 komentar:

  1. Sangat bagus, terimakasih, saya senang dengan kucing ras burma

    ReplyDelete

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger