Home » » Gejala Cacingan Pada Kucing

Gejala Cacingan Pada Kucing

Gejala Cacingan pada Kucing kadang-kadang tidak nampak dan kita tidak menyadarinya karena tidak terlihat cacing di tinjanya. Kucing yang terinfeksi cacing akan mengalami kerugian yang tinggi yaitu dengan ciri-ciri cacingan sebagai berikut  ; kucing kurus, bulu kusam dan berdiri, mudah terserang penyakit lain, kadang diare dan muntah. Untuk itu pengobatan dan pencegahan secara rutin perlu dilakukan demi bebasnya kucing kita dari parasit cacing.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis cacing yang biasa menginfeksi kucing peliharaan kita : 
  • Cacing gelang (ascaris) adalah panjangnya beberapa inci, terlihat seperti spaghetti, dan kadang-kadang dapat dilihat dalam tinja atau muntahan dari kucing yang terinfeksi. 
  • Cacing tambang merupakan cacing sangat kecil dan hampir mustahil untuk dilihat dengan mata normal dalam tinja atau muntah kucing. 
  • Cacing Pita. Segmen dari cacing pita dapat dilihat, cacing bisa saja muncul berbentuk persegi panjang, bersegmen dan bergerak di sekitar daerah dubur kucing, atau sebagai nasi putih atau mentimun seperti benih-seperti segmen di sekitar anus. 
Jadi pada dasarnya, kecuali untuk cacing pita, cara terbaik untuk mendiagnosis cacing pada kucing peliharaan adalah melakukan tes tinja oleh dokter hewan. Dalam pemeriksaan tinja, kita mencari telur cacing secara mikroskopis. Telur mungkin tidak selalu hadir dalam tinja, meskipun hewan peliharaan memiliki cacing. Hal ini karena ada fase-fase perkembangan cacing dari telur ke bentuk cacing dewasa. 

Bagaimana Pengobatan Cacing pada kucing kita…? 

Lakukan pengobatan pada 2 minggu; ulangi di 4, 6, dan 8 minggu dengan mengunakan albendazole (pyronil) secara oral, dan kemudian lakukan pencegahan Cacingan bulanan yang juga mengontrol parasit usus. Pengunaan setiap tahun produk kombinasi pencegahan parasit  usus dapat menurunkan risiko parasit. Pergunakan obat satu produk untuk pengobatan cacing pada 2, 4, 6, dan 8 minggu dan kemudian ulangi 4-6 bulan kemudian. 

Bagaimana Pencegahan Agar Kucing kita tidak terinfeksi cacing…? 

  1. Lakukan tes tinja 1-2 kali per tahun 
  2. Lakukan Pengobatan dengan tepat sesuai dengan jenis cacing yang menginfeksi 
  3. Hindarkan kucing kita minum di selokan atau air kotor 
  4. Berilah makanan yang bergizi dan hygienis 
  5. Bersihkanlah dengan teratur kandang kucing, tempat makan dan tempat air minum. 
Demikian Tips ini semoga bermanfaat.....





0 komentar:

Post a Comment

Support : DMCA Protection | Penyakit Hewan
Copyright © 2013. PENYAKIT HEWAN - All Rights Reserved
Kontak Kami
Template Modify by PENYAKIT HEWAN
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger